Jumat, 08 Maret 2019

Deskrpsi Produk Susu Ultramilk


Produk
Susu Ultramilk UHT-PT Ultrajaya Milk Industry Tbk.
PT Ultrajaya Milk Industry Tbk.
Pelopor produsen susu cair segar, minuman ringan, dan juga beberapa minuman kesehatan yang diproduksi dengan UHT Teknologi dan dikemas secara aseptik. Memproduksi dengan menggunakan bahan baku terbaik dan berkualitas tinggi dari alam yang diproses dengan teknologi termodern di Asia serta didukung dengan lingkungan hiegienis. Dan hingga kini, brand unggulan Ultrajaya, UltraMilk, masih tetap unggul di antara segmen susu cair, seperti halnya juga Teh Kotak unggul di varian minuman siap saji dalam kemasan karton.
Susu UHT
Merupakan susu yang yang prosesnya menggunakan metode Ultra high temperature, Dimana Susu terlebih dahulu dipanaskan selama 2-3 detik di suhu 135 sampai 150° C dan segera didinginkan sampai 4-5° C . Waktu pemanasan yang singkat dimaksudkan untuk mencegah kerusakan nilai gizi susu serta untuk mendapatkan warna, aroma da rasa yang relatif tidak berubah seperti aslinya. Semua kuman atau mikroorganisme termasuk bakteri patogen (patogen) dihancurkan oleh suhu ultra tinggi. Susu ini dapat disimpan setidaknya enam minggu.
Kelebihan susu UHT dibandingkan yang lain adalah:
  • aman untuk dikonsumsi, karena telah bebas dari mikroba pembusuk dan mikroba penyebab penyakit,
  • memiliki warna, rasa dan penampakan yang mirip susu sapi segar,
  • susu bersifat awet dan tanpa bahan pengawet,
  • sangat praktis untuk dikonsumsi dan tidak membutuhkan kulkas,
  • mengandung zat gizi yang sangat bermanfaat bagi pemeliharaan kesehatan tubuh yang optimal
Deskripsi Susu Ultramilk

Susu cair segar berkualitas tinggi dengan perpaduan natural rasa coklat, strawberry, dan mocca yang juga mengandung keseimbangan nutrisi baik dari protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral seperti kalsium, magnesium, forsfor, selain juga rasanya. Sangat cocok diminum sehari-hari terutama oleh remaja.Produk kami memiliki citarasa terbaik diantara prosuk susu cair lainnya karena berasal dari kesegaran dan kemurnian bahan dasar susunya.

1.     Keunggulan Produk
Ultra Milk Rasa cocok untuk dikonsumsi sehari-hari dan juga diminum sehabis beraktivitas atau berolahraga untuk memenuhi kembali cairan tubuh dan membantu pembentukan tubuh. Produk ini baik untuk diminum anak-anak berumur 1 tahun ke atas, apalagi ditambah varian rasa dari bahan alami yang mengandung banyak nutrisi alami yang dibutuhkan tubuh, terutama bagi remaja yang sedang dalam masa pertumbuhan.
Tersedia dalam 4 ukuran kemasan dan 3 rasa :
Coklat : 1000ml, 250ml, 200ml, 125ml
Strawberry : 250ml, 200ml, 125ml
Mocca : 250ml, 200ml
2.     PROSES PRODUKSI
Susu segar ultramilk diproduksi dan disterilkan dalam proses Ultra High Temperature ( UHT ), dimana bahan baku di panaskan dalam suhu tinggi mencapai 140° C dalam waktu 4 detik, hal ini untuk mengelminasi seluruh bakteri patogen. Waktu pemanasan yang singkat bertujuan untuk meminimalisir hilangnya kandungan nutrisi dan menjaga kesegarannya.
Setelah proses produksi selesai, selanjutnya dikemas dalam kemasan aseptik yang terdiri dari 6 lapisan karton. Keenam lapisan karton ini terdiri dari lapisan polyethylene plastic, allumunium foil, dan kertas untuk melindungi dari sinar ultra violet, udara, dan bakteri yang mungkin akan mengkontaminasi susu.
Kombinasi yang sangat baik antara proses UHT dan proses pengemasan yang aseptik ini, menjamin Ultra Milk Full Cream bertahan lama tanpa ada kerusakan dari luar sebelum dikonsumsi. Produk ini juga sudah mendapat sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).
3.     PENYIMPANAN
Sebelum dibuka: Sebaiknya disimpan dalam suhu kamar meskipun tanpa disimpan dalam pendingin. Jangka waktu penyimpanan yaitu maksimum 10 bulan. Produk juga sebaiknya disimpan dalam kondisi kering, bersih dan tempat yang sejuk.
Setelah dibuka: Kemasan harus ditutup rapat dan disimpan dalam lemari pendingin dalam suhu 4° C. Produk harus dihabiskan maksimal dalam 7 hari, namun sebaiknya langsung diminum habis setelah dibuka, supaya tetap terjaga kesegarannya.
4.     BAHAN DASAR:
Susu Segar
5.     Komposisi dan Nilai Gizi
Per 250ml:
Energi 120 kkal, Lemak 5 gram, Lemak Jenuh 2 gram, Natrium 150 mg, Kalium 440 mg.
Ultra Milk Susu UHT Rendah Lemak Tinggi Kalsium dengan susu sapi segar,  sumber vitamin A, D3, B1, B2, B6, B12, Kalsiun, dan Fosfor.
Bersertifikat Halal MUI. Memiliki nomor BPOM RI MD 461310308022.
Komposisi:
Susu Sapi Segar, Susu Skim Bubuk, Penstabil Nabati, Garam.
Informasi Nilai Gizi
Takaran Saji: 250 ml
Jumlah Sajian Per Kemasan: 1
Jumlah Per Sajian (250 ml)
Energi Total 120 kkal (energi dari lemak 30kkal), Lemak Total 3 gram (lemak jenuh 2 gram, kolesterol 10 mg), Protein 9 gram, Karbohidrat Total 14 gram, Natrium (Sodium) 150 mg, Kalium (Potassium) 440 mg.
Vitamin A tertulis 25% AKG berdasarkan kebutuhan energi 2000 kkal.
Vitamin C tertulis 15% AKG berdasarkan kebutuhan energi 2000 kkal.
Vitamin D3 tertulis 35% AKG berdasarkan kebutuhan energi 2000 kkal.
Vitamin K tertulis 10% AKG berdasarkan kebutuhan energi 2000 kkal.
Vitamin B1 tertulis 40% AKG berdasarkan kebutuhan energi 2000 kkal.
Vitamin B2 tertulis 30% AKG berdasarkan kebutuhan energi 2000 kkal.
Vitamin B3 tertulis 20% AKG berdasarkan kebutuhan energi 2000 kkal.
Vitamin B5 tertulis 10% AKG berdasarkan kebutuhan energi 2000 kkal.
Vitamin B6 tertulis 25% AKG berdasarkan kebutuhan energi 2000 kkal.
Vitamin B12 tertulis 40% AKG berdasarkan kebutuhan energi 2000 kkal.
Kalsium tertulis 40% AKG berdasarkan kebutuhan energi 2000 kkal.
Zat Besi tertulis 2% AKG berdasarkan kebutuhan energi 2000 kkal.
Zink tertulis 8% AKG berdasarkan kebutuhan energi 2000 kkal.
Magnesium tertulis 15% AKG berdasarkan kebutuhan energi 2000 kkal.
Fosfor tertulis 40% AKG berdasarkan kebutuhan energi 2000 kkal.
Iodium tertulis 4% AKG berdasarkan kebutuhan energi 2000 kkal.
Selenium tertulis 10% AKG berdasarkan kebutuhan energi 2000 kkal.
Jadi, Ultra Milk Susu UHT Rendah Lemak Tinggi Kalsium setiap 1 takaran saji (250 ml) mengandung Vitamin A sebanyak 25% dari kebutuhan tubuh (berdasarkan kebutuhan energi 2000 kkal). Maka kebutuhan tubuh akan Vitamin A baru tercukupi jika mengkonsumsi 4 takaran saji Ultra Milk Susu UHT Rendah Lemak Tinggi Kalsium.

Sumber: Kemasan Ultra Milk Susu UHT Rendah Lemak Tinggi Kalsium Isi Bersih 250ml.

6.     TECHNICAL INFORMATION


200 ml
Content/Case
24 packs
Pack size dimension(in cm) (L x W x H)
4.8 x 3.7 x 12.1
Case size dimension (in cm) (L x W x H)
33.1 x 16 x 12.6
Gross Weight/Case (in kg)
5.4
Content/20 Feet Container
3,000 cases
Maximum Stacking
9 cases
250 ml
Content/Case
24 packs
Pack size dimension(in cm) (L x W x H)
5.5 x 3.2 x 13.3
Case size dimension (in cm) (L x W x H)
33.3 x 17.7 x 13.6
Gross Weight/Case (in kg)
6.7
Content/20 Feet Container
3,000 cases
Maximum Stacking
8 cases
1000 ml
Content/Case
12 packs
Pack size dimension(in cm) (L x W x H)
9.1 x 5.7 x 19.5
Case size dimension (in cm) (L x W x H)
36.5 x 19.6 x 20.6
Gross Weight/Case (in kg)
13.3
Content/20 Feet Container
1,500 cases
Maximum Stacking
5 cases



7.     Kelebihan Kemasan
Secara khusus, produk Ultra Milk memiliki kemasan aseptik yang terdiri dari 6 lapisan karton yang terdiri dari lapisan allumunium foil, polyethylene plastis serta kertas pelindung khusus dari paparan sinar ultra violet, udara serta bakteri yang kemungkinan besar akan menurunkan kualitas susu, bahkan bisa merusaknya.
Selain itu, Kemasan Tetra Pak yang digunakan oleh produk Ultra Milk juga di bawah pengawasan ketat FSC atau Forest Stewardship Council. Dengan kata lain, FSC ini akan memberikan pengawasan secara ketat untuk memastikan jika pohon yang digunakan untuk membuat kemasan Tetra Pak berasal dari hutan yang akan ditanam kembali.
Dari segi fungsi, kemasan 6 lapis ini akan menjamin kesegaran susu ketika sampai ke tangan konsumen, sehingga terjamin mengonsumsi susu dengan kualitas terbaik. Kemasan ini sendiri berfungsi untuk menghalau udara masuk, melindungi susu dari paparan sinar UV, serta melindungi dari masuknya bakteri dan agar susu tidak mudah basi Inilah alasannya kenapa Ultra Milk dalam kemasan bisa tahan lebih lama.
1
Elemen Desain


2
Bentuk

3
Berat Jenis

4
Merek/Logo

5
Tipografi Brand

6
Letak Brand

7
Nama Produk

8
Posisi Nama Produk

9
Bahasa

10
Fotografi

11
Ilustrasi

12
Bahasa Pada Informasi

13
Point of Interest

14
Source of Authority

15
Keterangan pada Flash

16
Informasi Tambahan

Spesifikasi Kemasana Ultramilk
Susu Ultra
Balok
125ml,200ml,250 ml,1000ml
ULTRA MILK
di tengah atas
ULTRA MILK
di tengahatas
Indonesia&Inggris
Susu dalam gelas, peternakan sapi, orang yang sedang melukis
Tanpa gambar (teks)
Indonesia & Inggris
Gambar susu dalam gelas
BPOM RI & MUI
Dari susu segar 11 vit dan mineral
mengandung vitamin A, D, B1, B2, B6, B12, Kalsium dan fosfor.
Saran sebelum mengkonsumsi
Kandungan gizi
layanan konsumen

Bila dilihat dari tipografi, ultramilk menggunakan warna yang padu.Dilihat dari segi fotografi, produk Ultra lebih baik dengan gambar susu dalam gelas dan peternakan sapi sehingga konsumen lebih mengerti bahwa susu ini berasal dari susu sapi segar produk ini menggunakan keterangan flash, prduk susu Ultra lengkap dengan mencantumkan kandungan vitamin yang spesifik sehingga konsumen akan mengerti bahwa produk susu ini bergizi tinggi. Dilihat dari segi pasar, target pasar Ultra sangat luas target pasarnya.

Perbedaan kemasan 125ml,200ml,250ml dan 1000ml
Kemasan 125ml dibuat untuk memenuhi kebutuhan anak-anak yang dimana kebutuhan nya hanya sedikit, kemasan 200ml dikhususkan untuk memenuhi kebutuhan remaja yang kebutuhan nya cukup banyak dibandingkan anak-anak, kemasan 250ml dikhususkan bagi remaja yang kebutuhannya kurang cukup dengan yang 200ml dan kemasan 1000ml dikhususkan untuk memenuhi keluarga atau pada saat acara tertentu dimana kemasan 1000ml ini dapat disimpan kembali untuk penggunaan berikutnya.
8.     Flow Chart Operations












Penjelasan
1.      Dari peternakan sapi diperah untuk diambil susunya.
2.      Susu dibawa ke pabrik dengan menggunakan truk tanki(satu tanki berisi 10.000 sd 15.000 liter susu, susu dalam tanki harus keaddaan dingin dengan suhu 4°C.
3.      Sampai dipabrik susu diperiksa mulai dari bau,suhu,kandungan,bakteri dan lainnya.
4.      Setelah diperiksa, susu dimasukan kedalam pabrik melalui pipa-pipa itu mengalirkan susu ke tanki pencampuran(tanki dapat diisi 30.000liter susu).
5.      Di tank pencampuran, bubuk coklat,gula cair dimasukan kedalam susu.
6.      Setelah itu susu dipindahkan kedalam tanki homeganesasi untuk menghaluskan lemak susu agar lemak lebih nyatu dengan air dengan susunya.
7.      Selanjutnya steriliasi susu-susu dibersihkan dari bakteri dengan teknologi UHT susu dipanaskan dalam suhu 140°C dalam waktu 4 detik (susu UHT bertahan selama 20 bulan selama belum dibuka kemasannya).
8.      Selanjutnya susu sapi dimasukan dalam kotak susu dengan mesin (24 ribu kotak/jam).
9.      selanjutnya susu masuk dalam mesin pemasangan sedotan setelah itu dikemas dalam kardus.
10.  susu yang sudah jadi diperiksa kembali setiap 20 menit sekali diambil 10 sampel sebagai perwakilan, 10 kotak itu disimpan selama seminggu di laboratorium, dalam lab susu diberikan aroma, rasa dan tingkat kepadatan dll.

9.     Pemasaran, Penjualan & Distribusi

Hingga kini, jaringan distribusi UJ telah menjangkau seluruh daerah di Indonesia, didukung dengan strategi marketing yang sudah terintegrasi untuk mempertahankan dan terus membangun ekuitas brand dan memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia.

Untuk itu, UJ juga secara terus menerus memiliki investasi-investasi penting dengan berbagai perbaikan dalam aktivitas marketing, teknologi, pengembangan produk, dan yang paling penting adalah sistem distribusi. Jangkauan distribusi UJ merupakan salah satu jangkauan distribusi terluas di Indonesia , yang telah menjangkau pulau-pulau di Indonesia dari Sumatera sampai Papua. Saat ini UJ pun telah menjangkau lebih dari 25.000 wholesaler yang masing-masing secara kolektif menjual produk kami ke lebih dari 65.000 retailer (baik local modern market maupun pasar tradisional), hotel, dan penggunaan secara komersial. Sementara itu, jalur distribusi UJ di pulau Jawa saat ini juga terdiri dari lebih dari 300 sales professional, dengan lebih dari 100 armada, dan 20 kantor cabang.
Konsumen utama PT Ultrajaya di Indonesia yang terdiri dari kurang lebih 240 juta penduduk, saat ini juga mengalami peningkatan daya beli. Penjualan dalam negeri UJ pun menyumbang 90% dari total produksi yang UJ lakukan. Walaupun begitu, pada tahun 1988, UJ pun telah meng-eksport produk ke sejumlah negara di dunia.



Daftar Pustaka


Tidak ada komentar:

Posting Komentar